Sunday, October 28, 2012

Renungan buat kita

Tuhan mengajukan 6 pertanyaan
kepada
umatNya:
1: "Apakah yg PALING TAJAM di
dunia ini? Umatnya mjawab dgn serentak

"Pedang"
Jawab Tuhan yg paling tajam adalah
"lidah
manusia" krn mlalui lidah, manusia
dgn mudahnya mfitnah org, myakiti hati,
mlukai perasaan org, dll.
2: Apa yg PALING
JAUH dr diri kta di dunia
ini? Ada yg menjawab: "Antartika, bulan,
matahari". Jawab Tuhan yg plg benar adalah
“masa
lalu", Siapa pun, bgmana pun&
betapa pun kayanya kta,tetap kta
TIDAK bisa kembali
ke masa lalu. Sebab itu kta hrs mnjaga hr ini & hr2 yg akan datang.
3: Apa yg
PALING BESAR di dunia ini? Ada yg mjawab "gunung, bumi,
matahari". Jawab Tuhan: Yg plg besar dr yg ada
di dunia ini adalah "nafsu".
Banyak manusia mjadi celaka krn
mnuruti
hawa nafsunya. Segala cara
dhalalkn demi mwujudkn impian nafsu duniawi. Krn itu kta hrs hati2
dgn hawa nafsu tsb.
4: "Apa
yg PALING BERAT di dunia ini?". Ada yg mjawab: "baja, besi, gajah", Jawab Tuhan: Yg plg berat adalah
"berjanji".
Hal yg gampang diucapkn tp sulit
dlakukn.
5: "Apa yg PALING
RINGAN di dunia ini?" Ada yg mjawab "kapas, angin, debu,
daun" Jawab Tuhan: Yg plg ringan di dunia
ini adalah "Melupakan Ku &
Meninggalkan Ku
".
6: Apa yg PALING DEKAT dgn diri
kita di dunia ini? Ada yg mjawab: "orang tua, sahabat,
teman, krabatnya". Jawab Tuhan: Yg plg dekat dgn kta
adalah
"KEMATIAN". Sebab kematian
adalah PASTI adanya &
tiap detik bisa trjadi.

Sunday, October 21, 2012

MANUSIA BERTANYA & AL-QUR'AN MENJAWAB


bukan maksud hati sok tahu ini hanya sekedar berbagi ilmu saja

-Manusia bertanya : bolehkah aku
frustrasi ?
-AL-QUR'AN menjawab : janganlah kamu

...
bersikap lemah, dan janganlah (pula)
kamu bersedih hati, padahal kamulah
orang-orang yang paling tinggi
(derajatnya), jika kamu orang-orang yang
beriman . ( Ali Imran : 139 )
-Manusia bertanya : kenapa aku diberi
ujian seberat ini ?
-AL-QUR'AN menjawab : ALLAH tidak
membebani seseorang melainkan sesuai
dengan kesanggupannya. ( Al-Baqarah :
286 )
-Manusia bertanya : kenapa aku tidak
diuji saja dengan hal-hal yang baik ?
-AL-QUR'AN menjawab : boleh jadi kamu
membenci sesuatu, padahal ia amat baik
bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu
menyukai sesuatu padahal ia amat buruk
bagimu, ALLAH mengetahui, sedang kamu
tidak mengetahui . ( Al-Baqarah : 216 )
-Manusia bertanya : kenapa aku diuji ?
-AL-QUR'AN menjawab : apakah manusia
itu mengira bahwa mereka dibiarkan
(saja) mengatakan : " kami telah beriman
", sedang mereka tidak diuji lagi ? ( Al-
Ankabuut : 2 )
-Dan sesungguhnya Kami telah menguji
orang-orang sebelum mereka, maka
sesungguhnya ALLAH mengetahui orang-
orang yang benar dan sesungguhnya Dia
mengetahui orang-orang yang dusta .( Al-
Ankabuut : 3 )
-Manusia bertanya : bolehkah aku
berputus asa ?
-AL-QUR'AN menjawab : Dan jangan
kamu berputus asa dari rahmat Allah.
sesungguhnya tiada berputus asa dari
rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir .
( Yusuf : 87 )
-Manusia bertanya : bagaimana cara
menghadapi ujian hidup ini ?
-AL-QUR'AN menjawab : hai orang-orang
yang beriman, bersabarlah kamu dan
kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah
bersiap siaga (di perbatasan negerimu)
dan bertaqwalah kepada ALLAH supaya
kamu beruntung . ( Ali Imraan : 200 )
-Manusia bertanya : bagaimana
menguatkan hatiku ?
-AL-QUR'AN menjawab : cukuplah ALLAH
bagiku; tidak ada Tuhan selain Dia. hanya
kepada-Nya aku bertawakal . ( At-
Taubah : 129 )
-Manusia bertanya : apa yang kudapat
dari semua ujian ini ? ~
-AL-QUR'AN menjawab : sesungguhnya
ALLAH telah membeli dari orang-orang
mu'min, diri dan harta mereka dengan
memberikan surga untuk mereka . ( At-
Taubah : 111 )

IBU

IBU...rambutmu kini sudah mulai memutih
Kulitmu tak lagi kencang
Penglihatanmu tak lagi terang
Jalanmu kini sudah mulai goyang

Namun..apa yang terlihat
Semua itu tak pernah engkau rasakan
Semua itu tak pernah engkau pedulikan
Aku paham, semua itu demi anakmu

Sepanjang jalan engkau mengais rejeki
Sepanjang waktu engkau berhitung
Berapa laba kau dapat hari ini
Tuk membayar semua letihmu

Engkau tak lagi dapat membedakan
Mana siang, mana malam
Semangat mengalahkan gemetar kakimu
Dan segala rasa lelahmu

Ini semua...untuk siapa?
Hanya untuk anakmu
Anak yang engkau impikan menjadi orang hebat
Mencapai setumpuk asa

IBU...sampai kapanpun,
Anakmu tak kan pernah lupa
Atas semua jasa, do'a dan derita
Keringat yang engkau cucurkan

IBU...engkau sudah terlalu besar, berkorban
Hanya surga yang pantas membayar tulusmu
Hanya Tuhan yang pantas menjagamu
Dunia dan akherat...

IBU...
Anakmu kan selalu merindumu
Do'a di setiap hembus nafas ini
Terima kasih...IBU, untuk semua ikhlasmu..

Wednesday, October 17, 2012

ragusa in holiday



Ragusa – Es Italia
Kali ini saya mau berbagi perjalanan ke ragusa. Sudah agak lama sih, hampir satu tahun yang lalu tepatnya libur natal tanggal 25 Desember 2011.
Berhubung saya dan pacar seneng hunting kuliner terutama jajanan. Kita sepakat nyari kudapan yang berbentuk es krim. Kira-kira dimana es krim yang rasanya unik dan yang pasti harganya terjangkau :D. Berbekal selancar di dunia maya dan tanya-tanya temen, ketemulah kata ragusa es italia. Banyak rekomendasi buat kesana karena tempatnya selalu ramai, yaa mungkin karena rasanya enak atau mungkin harganya terjangkau atau karena banyak yang sebut itu es krim jaman dulu atau apalah, kita juga ga tau. Okay, akhirnya kita putuskan kalau ada libur, kita kesana.
Tempat sudah oke tapi belum tau mau kesana naek apa? Awal browsing sih sudah tau tempatnya di Jalan Veteran, Jakarta Pusat, no nya saya lupa. Sudah banyak rekomendasi naek angkutan apa tapi tetap aja kita ga paham itu dimana? :D. Akhirnya kita putuskan naek busway, kalau-kalau nyasar juga ga panas, karena kita berangkat sekitar jam 11. Dan yang ada dipikiran kita yang penting kita ketemu monas atau masjid istiqlal terlebih dahulu karena banyak rekomendasi itu sebagai patokan. Pertama kita naek busway koridor 6 Ragunan-Dukuh Atas dari shelter buncit indah selanjutnya transit di shelter Dukuh Atas ke koridor 1 Blok M-Kota karena busway tersebut lewat monas. Hampir sampai shelter monas masih ragu mau turun atau tidak karena ga tau tepatnya di sebelah mana itu ragusa. Kita terus sampai shelter harmoni transit ke koridor berapa yaa, pokoknya yang ke arah pasar baru. Berangkat dari harmoni sudah mulai celingak-celinguk kanan dan kiri, sampai akhirnya ketemu jalur atas kereta api. Kita putusin turun di shelter paling deket lupa lagi apa namanya yg pasti dibawah jalur atas kereta api. Turun dan tanya sama petugas penjaga loket busway, ternyata keluar dari shelter dan menyebrang ke arah kiri. Yups, tepat dipinggir kali belakang masjid Istiqlal ada jalan yang disebut jalan veteran. Dan ternyata kalau kita nyebrang ke arah kanan itu ada stasiun Gondangdia, bisa lebih mudah kalau naek KRL. Dari depan pas mau masuk ke jalan veteran sudah terlihat ramai kendaraan parkir dan orang berjalan kaki, ada beberapa tempat makan juga dijalan itu makanya ramai. Tapi memang benar yang paling ramai ragusa. Makin penasaran seperti apa es krim ragusa.








Di depannya terdapat beberapa pedagang makanan, seperti asinan sayur dan otak-otak. Waaah, dari depan sudah banyak orang menunggu yang memang dalam jumlah agak banyak seperti satu keluarga. Masuk dan bingung mau duduk dimana karena ramai sehingga semua tempat duduk penuh dan tempatnya pun tidak terlalu luas. Untungnya ada satu keluarga yang keliatannya sudah siap-siap mau pulang. Buru-buru mendekat ke meja tersebut sebelum ditempatin yang lain :D. Akhirnya dapet tempat duduk walaupun belum dibersihkan. Tidak berapa lama pegawainya datang membersihkan dan memberikan kami daftar makanan. Pernah lihat liputan televisi kalau disini ada spaghetty ice cream alias es krim yang bentuknya seperti spageti. Cari-cari di menu dan yaa ternyata ada, langsung pesan 1 porsi seharga 26ribu lalu kita pesan apa yaa namanya seharga 12rb kalau ga salah dan pesen cola float yaa sekitar segitu juga harganya, saya lupa :D. Sebenarnya masih banyak menu es krim lainnya, ada es krim per scope dan ada yang potongan seperti tutty frutty ice cream. Untuk harga, memang sesuai dengan kualitas. Pas es krim datang langsung coba dan memang beda dengan es krim kebanyakan, rasa susunya berasa banget dan memang katanya tanpa pengawet. Buat pacar saya, tidak lengkap hanya es krim, kita pesan asinan sayur seharga 10rb didepan. Memang diperbolehkan memesan makanan dari depan. Kita juga dapat gratis 3 gelas air putih dingin mungkin biar ga terlalu terasa manis.












Sambil nikmatin es krim dan asinan, mata berkeliling di sekitar ruangan, ada banyak foto hitam putih jaman dulu, ternyata es krim ragusa memang sudah dari zaman belanda. Sayangnya disini ga enak kalau berlama-lama karena banyak yang nunggu belum dapat tempat duduk tapi dari segi rasa memang berbeda dengan es krim kebanyakan. Tidak seperti sebelumnya kita berangkat naek busway, pulangnya kita naek KRL dari stasiun Gondangdia. Tidak turun di stasiun pasar minggu tapi kita meneruskan perjalanan mencari cemilan ke bogor




















Jalan Veteran, Jakarta Pusat.

Saturday, June 30, 2012

Pengaruh Teknologi terhadap budaya organisasi


Budaya organisasi dapat mempengaruhi cara orang dalam berperilaku dan harus menjadi patokan dalam setiap program pengembangan organisasi dan kebijakan yang diambil. Hal ini terkait dengan bagaimana budaya  itu mempengaruhi organisasi dan bagaimana suatu budaya itu dapat dikelola oleh organisasi.
Pengertian Budaya Organisasi
Dalam buku Handbook of Human Resource Management Practice oleh Michael Armstrong pada tahun 2009, budaya organisasi atau budaya perusahaan adalah nilai, norma, keyakinan, sikap dan asumsi yang merupakan bentuk bagaimana orang-orang dalam organisasi berperilaku dan melakukan sesuatu hal yang bisa dilakukan. Nilai adalah apa yang diyakini bagi orang-orang dalam berperilaku dalam organisasi. Norma adalah aturan yang tidak tertulis dalam mengatur perilaku seseorang . (http://www.psikologizone.com/pengertian-budaya-organisasi/06511817)
Menurut Robbins (2001:525), budaya organisasi merupakan sistem makna bersama terhadap nilai-nilai primer yang dianut bersama dan dihargai organisasi, yang berfungsi menciptakan pembedaan yang jelas antara satu organisasi dengan organisasi lainnya, menciptakan rasa identitas bagi para anggota organisasi, mempermudah timbulnya komitmen kolektif terhadap organisasi, meningkatkan kemantapan sistem sosial, serta menciptakan mekanisme pembuat makna dan kendali yang memandu membentuk sikap dan perilaku para anggota organisasi. (http://rastodio.com/manajemen/budaya-organisasi.html)
Fungsi Budaya Organisasi
Saya coba  menjelaskan dari ahli  Robbins (1996 : 294), fungsi budaya organisasi sebagai berikut :
a.     Budaya menciptakan pembedaan yang jelas antara satu organisasi dan yang lain.
b.     Budaya membawa suatu rasa identitas bagi anggota-anggota organisasi.
c.     Budaya mempermudah timbulnya komitmen pada sesuatu yang lebih luas daripada kepentingan diri individual seseorang.
d.    Budaya merupakan perekat sosial yang membantu mempersatukan organisasi itu dengan memberikan standar-standar yang tepat untuk dilakukan oleh karyawan.
e.    Budaya sebagai mekanisme pembuat makna dan kendali yang memandu dan membentuk sikap serta perilaku karyawan
 Para ahli sepakat bahwa secara pragmatis budaya organisasi memiliki fungsi yang sangat strategis bagi kehidupan organisasi.  Kreitner dan Kinicki (2003:72-75) mengemukakan pentingnya budaya organisasi atas dasar empat alasan, yaitu: “(1) give members an organizational identity, (2) facilitate collective commitment, (3) promote social system stability, (4) shape behavior by helping members make sense of their surroundings. (http://rastodio.com/manajemen/budaya-organisasi.html)
Budaya organisasi menurut Noe dan Mondy (1996:145), berfungsi untuk (1) memberikan sense of identity kepada para anggota organisasi untuk memahami visi, misi, serta menjadi bagian integral dari organisasi, (2) menghasilkan dan meningkatkan komitmen terhadap misi organisasi, (3) memberikan arah dan memperkuat standar perilaku untuk mengendalikan pelaku organisasi agar melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi yang telah disepakati bersama. (http://rastodio.com/manajemen/budaya-organisasi.html)
Teknologi terhadap kreatifitas individu dan team
Kreativitas merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia, yaitu kebutuhan akan perwujudan diri (aktualisasi diri) dan merupakan kebutuhan paling tinggi bagi manusia (Maslow, dalam Munandar, 2009). Pada dasarnya, setiap orang dilahirkan di dunia dengan memiliki potensi kreatif. Kreativitas dapat diidentifikasi (ditemukenali) dan dipupuk melalui pendidikan yang tepat (Munandar, 2009).

Saat ini penerapan teknologi informasi dan komunikasi diperlukan dalam individu, organisasi maupun dunia bisnis sebagai alat bantu dalam upaya memenangkan persaingan. Penerapan teknologi informasi yang dilakukan dikategorikan sebagai berikut :
    a.     Aplikasi Teknologi Informasi yang menjadi landasan dari berbagai aplikasi lain yang ada didalam perusahaan antara lain sistem operasi, basis data, network management dan lain-lain.
    b.     Aplikasi yang sifatnya mendasar (utility) yaitu aplikasi teknologi informasi yang dipergunakan untuk berbagai urusan utilitas sumber daya perusahaan antara lain sistem penggajian, sistem akuntansi dan keuangan dan lain-lain.
    c.      Aplikasi Teknologi Informasi yang sesuai dengan kebutuhan spesifikPerusahaan terutama yang berkaitan dengan proses penciptaan produk/jasa yang ditawarkan Perusahaan antara lain Aplikasi Properti, Aplikasi Forwarding dan Aplikasi Pergudangan.

Departemen IT sering kali dipandang sebelah mata karena merupakan departemen yang hanya bisa menghabiskan uang tanpa bisa menghasilkan uang, hal inilah yang kadang menjadi problematika tersendiri bagi departemen IT di perusahaan.

Teknologi Informasi adalah  segala sesuatu budaya (daya kreasi dan inovasi) manusia yang membantu menghasilkan, memanipulasi, menyimpan, pengelolaan dan menyampaikan informasi.
Tujuan Teknologi Informasi, yaitu :
    a.      Memecahkan masalah
    b.      Membuka kreativitas
    c.       Efektifitas dan efisiensi

Fungsi Teknologi Informasi, yaitu :
    a.      Menangkap (capture)
    b.      Memproses (processing)
    c.       Menghasilkan (generating)
    d.      Menyimpan (storage)
    e.      Mencari kembali (retrieval)
    f.        Melakukan Transmisi (transmission)




Saturday, June 2, 2012

Kelompok dalam Organisasi

Bulan agustus adalah bulan istimewa untuk  bangsa indonesia, karena pada bulan itu bangas indonesia merayakan hari jadinya. Tradisi yang biasa dilakukan bangsa indonesia adalah melakukan kegiataan perlombaan-perlombaan. Seperti pada umumnya karang taruna di wilayah tempat tinggal saya ingin memeriahkan momen itu. Saya selaku seksi olahraga di karang taruna tempat saya menaung mengajukan gagasan untuk membuat perlombaan bola basket antar “RT” niat awalnya. Tapi pada praktenya  malah membuat pertandingan miniatur divisi II JAKARTA UTARA. Awalnya sih dari segi dana itu mustahil tapi setelah mengadakan musyawarah akhirnya bisa menemui beberapa alternatip untuk itu. Alternatip pertama adalah mencari sponsor. Karena dianggota karang taruna kami banyak yang sudah kerja di perusahaan yang bonafit. Dengan bantuaan mereka kami bisa masuk dan mengajukan proposal. Akhirnya dapat juga sponsor yaitu: PT.ASTRA MOTOR & BOGASARI. Tapi ternyata masih kurang dan akhirnya alternatif kedua pun diambil yaitu minta sumbangan  dari setiap RT di komplek kami. Alternatip itu berdasar dari banyaknya jendral dan perwira senior yang tinggal di komplek kami. Akhirnya perlombaan itu terealisasi biarpun banyak kendala-kendala di luar perkiraan tapi tetap bisa aman dan terkendali.

Thursday, May 3, 2012

Teori Pengambilan Keputusan

Tugas kali ini, saya akan mencoba mengulas tentang teori pengambilan keputusan dalam suatu organisasi.
Sebelumnya mungkin saya akan mengingatkan definisi dari organisasi yaitu "Kelompok orang yang secara bersama-sama ingin mencapai tujuan."


Kemudian mengenai pengertian Pengambilan Keputusan dan pengertian itu sendiri dikemukakan oleh 
  • Ralp C. Davis;
  • Mary Follet;
  • James A.F. Stoner.
      Keputusan dapat dijelaskan sebagai hasil pemecahan masalah, selain itu juga harus didasari atas logika dan pertimbangan, penetapan alternatif terbaik, serta harus mendekati tujuan yang telah ditetapkan.

Dari pengertian pengambilan keputusan dan keputusan itu sendiri, dapat disimpulkan bahwa secara umum pengertian teori pengembilan keputusan adalah, teknik pendekatan yang digunakan dalam proses pengambilan keputusan atau proses memilih tindakan sebagai cara pemecahan masalah.

Unsur-unsur pengambilan keputusan, terdiri dari
  • Tujuan dan pengambilan keputusan
  • Identifikasi alternatif-alternatif, keputusan untuk pemecahan masalah
  • Perhitungan mengenai faktor-faktor yang tidak dapat diketahui
  • Sarana atau alat untuk mengevaluasi atau mengukur hasil
Mengenai jenis keputusan itu sendiri, ada beberapa jenis keputusan dalam proses pengambilan keputusan yang terdiri dari:

Berdasarkan keputusan yang harus diambil oleh level manajemen di perusahaan jenis keputusan terdiri atas: 
1. Keputusan Strategis, adalah keputusan yang dibuat oleh manajemen puncak dalam sebuh perusahaan.
2. Keputusan taktis, adalah keputusan yang dibuat oleh manajemen menengah
3. Keputusan operasional, adalah keputusan yang dibuat oleh tingkat manajemen yang paling bawah, misalnya operator mesin di lantai produksi.

Berdasarkan tersedianya pemecahan masalah, jenis keputusan yang biasanya muncul adalah:
• Keputusan Terprogram. 
Keputusan ini berkaitan dengan kebiasaan, aturan, dan prosedur. Dalam hal ini kondisi yang dihadapi semuanya dapat diketahui dengan pasti.
• Keputusan tidak terprogram. 
Keputusan tidak terprogram ini adalah keputusan yang tidak mempunyai suatu aturan yang baku, tergantung pada jenis masalahnya. Biasanya, masalah yang membutuhkan keputusan tidak terprogram ini terjadinya tidak dapat diprediksi.
• Keputusan tidak terstruktur.
Keputusan ini disebut tidak terstruktur karena tidak diketahui pemecahannya karena ketidakjelasan masalahnya.

sumber : 
- Bahan Ajar Teori Pengambilan Keputusan, Bapak Iman Murtono Soenhadji, Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma.
-   http://melisa07.blogspot.com/2011/05/jenis-keputusan.html

Thursday, March 22, 2012

kekuasaan dan wewenang

Pada tulisan kali ini saya akan mencoba menjelaskan tentang perbedaan KEKUASAAN DAN WEWENANG . Sebelum itu apakah itu KEKUASAAN?

Seperti yang saya baca pada http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=2&ved=0CDEQFjAB&url=http%3A%2F%2Fviyan.staff.gunadarma.ac.id%2FDownloads%2Ffiles%2F15113%2F2_WEWENANG%2C%2BDELEGASI%2BDAN%2BDESENTRALISASI.pdf&ei=4hFrT4iZEMLNrQeQ85WZAg&usg=AFQjCNEck5jUBwV_X3IWmCY_Bp-_8Bb5sw&sig2=7s9tD88UJ6jt8LVrrWb7ew  22 maret 2012 19.00

Kekuasaan adalah kemampuan untuk menggunakan pengaruh pada orang lain; artinya kewenangan yang didapatkan oleh seseorang atau kelompok guna menjalankan kewenangan tersebut sesuai dengan kewenangan yang diberikan, kewenangan tidak boleh dijalankan melebihi kewenangan yang diperoleh  atau kemampuan seseorang atau kelompok untuk memengaruhi tingkah laku orang atau kelompok lain sesuai dengan keinginan dari pelaku
Secara umum ada dua bentuk kekuasaan:
1. Pertama kekuasaan pribadi, kekuasaan yang didapat dari para pengikut dan didasarkan
pada seberapa besar pengikut mengagumi, respek dan terikat pada pemimpin.
2. Kedua kekuasaan posisi, kekuasaan yang didapat dari wewenang formal organisasi.
Kekuasaan berkaitan erat dengan pengaruh (influence) yaitu tindakan atau contoh tingkah laku
yang menyebabkan perubahan sikap atau tingkah laku orang lain atau kelompok.
Sedangkan pengertian dari wewenang adalah hak untuk melakukan sesuatu atau memerintah orang lain untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu agar mencapai tujuan tertentu.
Ada 2 pandangan mengenai sumber wewenang, yaitu :
1. Formal, bahwa wewenang di anugerahkan karena seseorang diberi atau dilimpahkan/diwarisi hal tersebut.
2. Penerimaan, bahwa wewenang seseorang muncul hanya bila hal itu diterima oleh kelompok/individu kepada siapa wewenang tersebut dijalankan.

Wednesday, March 21, 2012

PERANAN STAFF DALAM ORGANISASI

Pada tulisan kali ini saya akan membahas tenteng PERANAN STAFF DALAM ORGANISASI .  Sebelum  itu saya sudah browsing tentang definisi tenteng organisasi dari beberapa ahli
•    http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi ( 21 maret 2012 07.30)

1.     Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama [2].
2.      James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama [3].
3.    Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih[4].
4.      Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
•    http://s_tiwi.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/17350/MINGGU_3.doc  (21 maret 2012 07.30)
1.    Menurut ERNEST DALE:
Organisasi adalah suatu proses perencanaan yang meliputi penyusunan, pengembangan, dan pemeliharaan suatu  struktur atau pola hubunngan kerja dari orang-orang dalam suatu kerja kelompok.

2.    Menurut CYRIL SOFFER:
Organisasi adalah perserikatan orang-orang yang masing-masing diberi peran tertentu dalam suatu system kerja dan pembagian dalam mana pekerjaan itu diperinci menjadi tugas-tugas, dibagikan kemudian digabung lagi dalam beberapa bentuk hasil.

Menurut KAST & ROSENZWEIG:
3.    Organisasi adalah sub system teknik, sub system structural, sub system pshikososial dan sub system manajerial dari lingkungan yang lebih luas dimana ada kumpulan orang-orang berorenteasi pada tujuan.

Dan secara garis besar definis dari organisasi adalah “sebuah kelompok orang yg mempunyai tujuan yg sama “

Organisasi juga terdiri dari 3 jenis yaitu : (http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20090726200029AA9dOiT -21 maret 2012 07.30)
1.    Organisasi Lini (Line Organization)

Dalam jenis organisasi ini, pembagian tugas dan wewenang terdapat perbedaan yang tegas antara pimpinan dan pelaksanaan. Peran pimpinan dalam hal ini sangat dominan dimana semua kekuasaan di tangan pimpinan. Oleh sebab itu dalam pelaksanaan kegiatan yang utama adalah wewenang dan perintah.

Memang bentuk organisasi semacam ini, khususnya didalam institusi-institusi yang kecil sangat efektif karena keputusan-keputusan cepat diambil dan pelaksanaan keputusan juga cepat. Kelemahannya jenis organisasi semacam ini kurang manusiawi, lebih-lebih para pelaksana tugas bawahan hanya dipandang sebagai robot yang senantiasa siap melaksanakan perintah.

2. Organisasi Staf (Staff Organization)

Dalam organisasi ini, tidak begitu tegas garis pemisah antara pimpinan dan staf pelaksana. Peran staf bukan sekedar pelaksana perintah pimpinan namun staf berperan sebagai pembantu pimpinan. Bentuk organisasi semacam ini muncul karena makin kompleksnya masalah-masalah organisasi sehingga pimpinan sudah tidak dapat lagi menyelesaikan semuanya dan memerlukan bantuan orang lain (biasanya para ahli) yang dapat memberikan masukan pemikiran-pemikiran terhadap masalah-masalah yang dihadapi.

Meskipun organisasi ini lebih baik dari yang pertama karena keputusan-keputusan dapat lebih baik namun kadang-kadang keputusan-keputusan tersebut akan memakan waktu yang lama karena melalui perdebatan-perdebatan yang kadang-kadang melelahkan.

3. Organisasi Lini dan Staf

Organisasi ini merupakan gabungan kedua jenis organisasi yang terdahulu disebutkan (line dan staf). Dalam organisasi ini staf bukan sekedar pelaksana tugas tetapi juga diberikan wewenang untuk memberikan masukan demi tercapainya tujuan secara baik. Demikian juga pimpinan tidak sekedar memberikan perintah atau nasehat tetapi juga bertanggung jawab atas perintah atau nasehat tersebut.

Keuntungan organisasi ini antara lain ialah keputusan yang diambil oleh pimpinan lebih baik karena telah dipikirkan oleh sejumlah orang dan tanggung jawab pimpinan berkurang karena mendapat dukungan dan bantuan dari staf.

Sedangkan pengertian dari staff adalah seseorang yg ahli dalam suatu bidang dalam struktur organisasi yang fungsi utamanya memberikan saran dan pelayanan kepada fungsi lini.
 
Jadi peranan staff dalam sebuah organisasi/perusahan sangat penting karena dalam hal ini  mereka sebagai seorang yg ahli dalam bidangnya dituntut bisa memberikan kontribusi bagi perusahaan  dalam bentuk apapun juga.

Demikian tulisan saya, yah semoga dapat berguna bagi sobat-sobat sekalian

Tuesday, November 15, 2011

ORGANISASI

LATAR BELAKANG 

Perusahaan adalah tempat terjadinya kegiatan produksi dan berkumpulnya semua faktor produksi. Bagaimana mungkin sebuah perusahaan dapat berjalan dengan baik tanpa organisasi yang baik diantara staf karyawan. Organisasi sangat berperan didalam perusahaan karena organisasi mempunyai struktural yang membuat sebuah perusahaan menjadi sukses. Lalu Organisasi atau Organization itu bersumber dari kata kerja bahasa Latin Organizare  to form as or into a whole consisting of interdependent or coordinated parts [membentuk sebagai atau menjadi keseluruhan dari bagian-bagian yang saling bergantung atau terkoordinasi] Evert M. Rogers dan Rekha Agarwala Rogers dalam bukunya Communications in Organization "a stable system of individuals who work togather to achieve, through a hierarchy of ranks and division of labour, common goals" [Suatu sistem yang mapan dari mereka yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama, melalui suatu jenjang kepangkatan dan pembagian tugas] Robert Bonnington dan Berverd E. Needles, Jr. dalam bukunya Modern Business : A Systems Approach Organization is the means by which management coordinates material and human resources through the design of a formal structure of tasks and authority [Organisasi adalah sarana dimana manajemen mengkoordinasikan sumber bahan dan sumber daya manusia melalui pola struktur formal dari tugas-tugas dan wewenang] Perusahaan manapun pasti pernah mengalami konflik internal. Mulai dari tingkat individu, kelompok, sampai unit. .Mulai dari derajat dan lingkup konflik yang kecil sampai yang besar. Yang relatif kecil seperti masalah adu mulut tentang pribadi antarkaryawan, sampai yang relatif besar seperti beda pandangan tentang strategi bisnis di kalangan manajemen. Contoh lainnya dari konflik yang relatif besar yakni antara karyawan dan manajemen. Secara kasat mata kita bisa ikuti berita sehari-hari di berbagai media. Disitu tampak konflik dalam bentuk demonstrasi dan pemogokan. Apakah hal itu karena tuntutan besarnya kompensasi, kesejahteraan, keadilan promosi karir, ataukah karena tuntutan hak asasi manusia karyawan. 
Konflik itu sendiri merupakan proses yang dimulai bila satu pihak merasakan bahwa pihak lain telah mempengaruhi secara negatif atau akan segera mempengaruhi secara negatif. Faktor-faktor kondisi konflik (Robbins, Sthepen ,2003, Perilaku Organisasi): 
• Harus dirasakan oleh pihak terkait 
• Merupakan masalah persepsi 
• Ada oposisi atau ketidakcocokan tujuan, perbedaan dalam penafsiran fakta, ketidaksepakatan pada pengharapan perilaku 
• Interaksi negatif-bersilangan 
• Ada peringkat konflik dari kekerasan sampai lunak.  
Permasalahan Seperti sudah diketahui, sangatlah tidak mudah dalam memilih orang yang tepat untuk duduk pada suatu posisi tertentu di organisasi dalam masa transisi semacam sekarang ini, apalagi untuk menangani posisi yang sangat strategis bagi organisasi. Dimana untuk melakukan hal tersebut diperlukan rekaman analisa informasi dari data yang dimiliki orang tersebut sejak masuk organisasi, sampai dengan merencanakan pendidikan serta kesempatan/tantangan apa yang perlu diberikan kepada personil bila ia ingin diproyeksikan pada jabatan tertentu. Oleh karena itu saat ini banyak orang-orang bukan menjalankan tugasnya dengan semaksimal mungkin malah mereka menimbum kekayaan mereka.  

LANDASAN TEORI 

Perencanaan SDM (HR Planning) merupakan proses manajemen dalam menentukan pergerakan SDM organisasi dari posisi saat ini menuju posisi yang diinginkan di masa depan, sedangkan strategi SDM adalah seperangkat proses-proses dan aktivitas yang dilakukan bersama oleh manajer SDM dan manajer lini untuk menyelesaikan masalah bisnis yang terkait dengan manusia (people-related business issue ). Tujuan dari integrasi sistem adalah untuk menciptakan proses prediksi demand SDM yang muncul dari perencanaan strategik dan operasional secara kuantitatif, dibandingkan dengan prediksi ketersediaan yang berasal dari program-program SDM. Oleh karena itu, perencanaan SDM harus disesuaikan dengan strategi tertentu agar tujuan utama dalam memfasilitasi keefektifan organisasi dapat dicapai. Perencanaan SDM harus terkait dengan perencanaan organisasi secara keseluruhan karena tujuan perencanaan SDM harus menempatkan figur yang tepat waktu dan tepat tempat (Jackson, 1990). Perencanaan SDM merupakan unsur penting dalam mengembangkan perencanaan stratejik suatu organisasi. Perencanaan stratejik merupakan keputusan organisasi yang memuat tentang apa yang akan dicapai sesuai misi organisasi dan bagaimana cara yang dilakukan untuk mencapai misi tersebut (Ivancevich, 1995). Buller (1990) telah melakukan penelitian terhadap delapan perusahaan terbesar di USA untuk mengetahui hubungan antara perencanaan stratejik dengan fungsi Manajemen SDM dan diperoleh gambar¬an bahwa terdapat empat macam tingkat hubungan antara perencanaan stratejik dengan Manajemen SDM, yaitu : 
1. Administrative linkage, yaitu hubungan yang hanya sebatas pada kegiatan rutin harian. Dalam hal ini perencanaan strategik dan fungsi SDM terpisah 
2.One-way linkage, yaitu hubungan yang terjadi masih searah dan umumnya Manajemen SDM tidak pernah dilibatkan dalam peng¬ambilan keputusan SDM bereaksi melalui disain program yang men¬dukung tujuan stratejik perusahaan. 
3.Two-way linkage, yaitu hubungan saling ketergantungan dan saling mempengaruhi. Manajemen SDM dalam hal ini diangap sebagai partner. SDM mempengaruhi dan dipengaruhi rencana bisnis. Pendekatan ini mengakui bahwa profitabilitas memerlukan pengkait¬an bisnis dengan perencanaan SDM karena jika tidak ada figur yang tepat posisi, sasaran kinerja organisasi tidak akan tercapai (Jackson, 1990). 
4.Integratif linkage, yaitu hubungan yang dinamis dan interaktif, bersifat formal maupun informal. Senior Manajemen SDM dipandang sebagai partner strategi bisnis dan dilibatkan secara total dalam pengambilan keputusan. Dengan pendekatan ini perencanaan bisnis bisa dimodifikasi oleh eksekutif SDM sehingga hasil perencanaan bisnis bisa diperbaiki secara substansial (jackson, 1990). Demi keberhasilan pengelolaan sumber daya manusia dalam jangka panjang, organisasi perlu mengintegrasikan antara strategi organisasi, strategi sumber daya manusia, dan perencanaan sumber daya manusia. Ditinjau dari sejarah perjalanannya, integrasi ketiga hal diatas mengalami evolusi, yaitu dimulai dari keterkaitan secara administrative, pertalian satu arah, pertalian dua arah, dan pertalian integrative. Berbagai faktor mempengaruhi kuat-lemahnya tuntutan terhadap integrasi. 
Faktor-faktor tersebut antara lain: 
• Adanya perubahan terhadap tuntutan keahlian tenaga kerja • Adanya perubahan komposisi angkatan kerja • Diversifikasi usaha 
• Kesetaraan status antara eksekutif sumber daya manusia dengan eksekutif bidang fungsional lain 
• Kekurangan keahlian yang tajam 
• System kompensasi yang memberikan penghargaan terhadap kinerja eksekutif .
Perencanaan sumber daya manusia merupakan proses memperoleh karyawan yang tepat baik jumlah maupun kualitas pada jabatan dan waktu yang tepat. Agar memperoleh perencanaan sumber daya manusia secara efektif, suatu rencana sumber daya manusia mencakup 4 tahapan: 
1. analisa situasi atau mempelajari lingkungan 
2. meramalkan permintaan sumber daya manusia 
3. analisa pasokan sumber daya manusia 
4. pengembangan rencana tindakan Analisa jabatan merupakan dasar bagi sebagian besar aktivitas manajemen sumber daya manusia, karena informasi yang diperoleh dari analisis jabatan dapat dipergunakan untuk penarikan, seleksi, pengupahan, pelatihan karyawan, dan sebagainya. 
Dalam konteks strategic analisa jabatan diperlukan untuk mendukung perusahaan dalam mengadakan perubahan-perubahan terhadap jabatan yang telah ada, baik melalui penciptaan jabatan baru atau pengurangan terhadap jabatan yang telah ada.  

PEMBAHASAN MASALAH 

Proses perencanaan sering tidak berjalan dengan lancar, karena kebijakan perencanaan tidak dibuat secara detil, sehingga terjadi gap antara corporate policies dan personnel poli¬cies serta aplikasinya dalam praktik. Perencanaan SDM banyak ditujukan pada manajemen suksesi dan pengembangan dibandingkan dengan aktivitas personalia lain. Gap yang terjadi dalam perencanaan SDM dalam pengembangan dan implementasinya dari strategi SDM dapat dikelompokkan ke dalam empat permasalahan (Rothwell, 1995): Pertama, perencanaan menjadi suatu problema yang dirasa tidak bermanfaat karena adanya perubahan pada lingkungan eksternal organisasi, meskipun nampak adanya peningkatan kebutuhan bagi perencanaan. Kedua , realitas organisasi dan bergesernya kaleidoskop prioritas kebijakan dan strategi yang ditentukan oleh keterlibatan interest group yang memiliki power. Ketiga, kelompok faktor-faktor yang berkaitan dengan sifat manajemen dan ketrampilan serta kemampuan manajer yang memiliki preferensi bagi adaptasi pragmatik di luar konseptualisasi, dan rasa ketidakpercayaan terhadap teori atau perencanaan, yang dapat disebabkan oleh kurangnya data, kurangnya pengertian manajemen lini, dan kurangnya rencana korporasi. Keempat, pendekatan akademik yang dilakukan dalam pengujian kesuksesan perencanaan SDM sangat idealistik dan preskriptif, di sisi lain tidak memenuhi realita organisasi dan cara manajer mengatasi masalah-masalah spesifik. Untuk meminimalisasi gap tersebut diatas maka menurut Jackson & Schuler (1990) perencanaan SDM yang tepat membutuhkan langkah-langkah tertentu berkaitan dengan aktivitas perencana SDM menuju organisasi modern. 
Langkah-langkah tersebut meliputi: 
• pengumpulan dan analisis data untuk meramalkan permintaan maupun persediaan SDM yang diekspektasikan bagi perencanaan bisnis masa depan, 
• mengembangkan tujuan perencana¬an SDM 
• merancang dan meng¬implementasikan program-program yang dapat memudahkan organisasi untuk pencapaian tujuan perencanaan SDM 
• mengawasi dan mengevaluasi program-program yang berjalan. Keempat tahap tersebut dapat diimplementasikan pada pencapaian tujuan jangka pendek (kurang dari satu tahun), menengah (dua sampai tiga tahun), maupun jangka panjang (lebih dari tiga tahun). Rothwell (1995) menawarkan suatu teknik perencanaan SDM yang meliputi tahap 
• investigasi baik pada lingkung¬an eksternal, internal, organisasional; 
• forecasting atau permalan atas ketersediaan supply dan demand SDM saat ini dan masa depan; 
• perencanaan bagi rekrutmen, pelatihan, promosi, dan lain-lain; 
• utilisasi, yang ditujukan bagi manpower dan kemudian memberikan feedback bagi proses awal. 
Sementara itu, pendekatan yang digunakan dalam merencanakan SDM adalah dengan action-driven, yang memudahkan organisasi untuk memfokuskan bagian tertentu dengan lebih akurat atau skills-need, daripada melakukan penghitung¬an numerik dengan angka yang besar untuk seluruh bagian organisasi. Perencanaan SDM umumnya dipandang sebagai ciri penting dari tipe ideal model MSDM meski pada praktiknya tidak selalu harus dijadikan prioritas utama. Perencanaan SDM merupakan kondisi penting dari “integrasi bisnis” dan “strategik,” implikasinya menjadi tidak sama dengan “manpower planning” meski tekniknya mencakup hal yang sama. Manpower planning meng¬gambarkan pendekatan tradisional dalam upaya forecasting apakah ada ketidaksesuaian antara supply dan demand tenaga kerja, serta merencanakan penyesuaian kebijakan yang paling tepat. Integrasi antara aspek-aspek perencanaan SDM terhadap pengem¬bangan bisnis sebaiknya memastikan bahwa kebutuhan perencanaan SDM harus dilihat sebagai suatu tanggung¬jawab lini Sesuai dengan teori diatas harusnya staff itu adalah seorang yang ahli di dalam bidang yang mereka kuasai. Tapi pada jaman sekarang banyak pertimbangan pertimbangan yang tidak masuk akal seperti kekeluargaan. Padahal mah klo dari segi skill mereka dibawah standar. Tapi ada banyak kasus yang mereka punya kemampuan tapi melakukan banyak kelicik kelicikan buat memperkaya harta mereka. Padahal dampak dari yang mereka lakukan kebelakangan adalah penjara . Bukan hanya dia doang yang malu jika dia masuk penjara tapi semua keluarga. Tapi sayangnya dinegara kita sekarang tidak ada peraturan mengenai seseorang mantan narapidana boleh memimpin sebuah organisasi/ suatu lembaga tertentu lagi tanpa ada syarat tertentu. Mungkin saya akan menggambil contoh kasus nurdin harlid Sejak tahun 2004 lalu, Nurdin Halid akrab dengan masalah hukum. Masuk bui, keluar bui, bukanlah hal yang aneh baginya. Pada 16 Juli 2004, ketua umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) periode 2004-2009 ini ditahan sebagai tersangka kasus penyelundupan gula impor ilegal 73 ribu ton. Nurdin kemudian juga ditahan atas dugaan korupsi dalam distribusi minyak goreng Koperasi Distribusi Indonesia (KDI). Hampir setahun kemudian (16/6/05), dia dinyatakan tidak bersalah atas tuduhan tersebut oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Jaksa tidak terima dan mengajukan kasasi ke MA. Baru pada 13 Agustus 2007, MA menyatakan Nurdin bersalah dan divonis 2 tahun penjara. Nurdin kemudian dituntut 10 tahun penjara dalam kasus gula impor ilegal 56 ton dengan kerugian negara Rp 3,4 miliar pada September 2005. Namun dakwaan ditolak majelis hakim Pengadilan Jakarta Utara pada 15 Desember 2005 karena BAP perkaranya dinilai cacat hukum. Selain kasus tersebut, Nurdin juga terlibat kasus pelanggaran kepabeanan impor beras dari Vietnam dan divonis penjara 2 tahun 6 bulan oleh Pengadilan Negeri Jakarta Utara pada 9 Agustus 2005. Dia pun mendekam di Rutan Salemba. Tanggal 17 Agustus 2006 ia dibebaskan setelah mendapatkan remisi dari pemerintah bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia (sumber detik.com)
Dalam dunia sepakbola, ini daftar 10 dosa Nurdin Halid seperti dilansir laman forum diskusi kaskus :
1. Menggunakan politik uang saat bersaing menjadi Ketua Umum PSSI pada November 2003 dengan Soemaryoto dan Jacob Nuwawea.
2. Mengubah format kompetisi dari satu wilayah menjadi dua wilayah dengan memberikan promosi gratis kepada 10 tim yakni Persegi Gianyar, Persiba Balikpapan, Persmin Minahasa, Persekabpas Pasuruan, Persema Malang, Persijap Jepara, Petrokimia Putra Gresik, PSPS Pekanbaru, Pelita Jaya, dan Deltras Sidoarjo.
3. Terindikasi jual beli trofi sejak musim 2003 lantaran juara yang tampil punya kepentingan politik karena ketua atau manajer klub yang bersangkutan akan bertarung di Pilkada. Persik Kediri (2003), Persebaya Surabaya (2004), Persipura Jayapura (2006), Persik Kediri (2006), Sriwijaya FC Palembang (2007), Persipura Jayapura (2008/2009).
4. Jebloknya prestasi timnas. Tiga kali gagal ke semifinal SEA Games yakni tahun 2003, 2007, dan 2009. Tahun 2005 lolos ke semifinal, tapi PSSI ketika itu dipimpin Pjs Agusman Effendi (karena Nurdindi penjara). Terakhir 2010 mengajak timnas pelesiran politik sehingga tak bisa konsentrasi dalam final piala AFF 2010.
5. Membohongi FIFA dengan menggelar Munaslub di Makassar pada tahun 2008 untuk memperpanjang masa jabatannya.
6. Tak jelasnya laporan keuangan terutama dana Goal Project dari FIFA yang diberikan setiap tahunnya.
7. Banyak terjadi suap dan makelar pertandingan. Bahkan, banyak yang melibatkan petinggi PSSI lainnya seperti Kaharudinsyah dan Togar Manahan Nero.
8. Tak punya kekuatan untuk melobi pihak kepolisian sehingga sejumlah pertandingan sering tidak mendapatkan izin atau digelar tanpa penonton.
9. Satu-satunya Ketua Umum PSSI dalam sejarah yang memimpin organisasi dari balik jeruji besi.
10. Terlalu banyak intervensi terhadap keputusan-keputusan Komdis sebagai alat lobi untuk kepentingan pribadi dan menjaga posisinya sebagai Ketua Umum.
Lalu apa kata nurdin untuk semua ini dikutip dari bolanews Teriakan Nurdin turun, kembali mengumandang di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (29/12). Suporter melantunkan tuntutan itu, di tengah laga final Piala AFF 2010, Indonesia kontra Malaysia. Merespon aksi itu, Ketua Umum Nurdin Halid, sang empunya nama tak mengubrisnya. Menurutnya, teriakan itu merupakan bagian dari politisasi organisasi. Dirinya mengaku, tak akan mundur karena tekanan dan di tengah permasalahan yang sedang melanda sepak bola Indoensia. “Mana ada di dunia ini ketua umum sepak bola diminta mundur. Saya menghargai demokrasi dan akan menjaga martabat PSSI,” ujar Nurdin pasca pertandingan, Rabu (29/12). “Saya tegaskan, Nurdin Halid tak akan mundur karena tekanan. Kalau Anda lihat, anak-anak timnas lahir dari mana? mereka terbentuk dari ajang LSI (Liga Super Indonesia) yang notabene berada dalam naungan PSSI,” tambah Nurdin. “Kenapa saya disuruh mundur? Itu hanya politisasi. Siapa orangnya kalian cari saja sendiri,” kata Nurdin kepada wartawan. Alasan suporter meneriakan tuntutan itu bukan tanpa sebab. Disinyalir, kegagalan demi kegagalan selama Nurdin memimpin tujuh tahun belakangan menjadi penyebab utamanya. Dalam catatan, Timnas Indonesia hanya sekali menang kejuaraan Piala Kemerdekaan, selama Nurdin menjabat sebagai Ketua Umum PSSI. Bagaimana ending dari “drama” ini? Apakah Nurdin akan duduk di kursi tertinggi otoritas sepak bola Tanah Air hingga masa jabatannya berakhir? Atau sebaliknya, ia harus lengser di tengah jalan? Kita tunggu saja kisah selanjutnya.  

KESIMPULAN
Perencanaan SDM awal difokuskan pada peramalan kebutuhan SDM di masa depan serta cara pencapaian tujuannya dan implementasi program-program, yang kemudian berkembang, termasuk dalam hal pengumpulan data untuk mengevaluasi keefektifan pro¬gram yang sedang berjalan dan mem¬berikan informasi kepada perencana bagi pemenuhan kebutuhan untuk revisi peramalan dan program saat diperlukan. Dalam pelaksanaannya, perencanaan SDM harus disesuaikan dengan strategi tertentu agar tujuan utama perencanaan yaitu memfasilitasi keefektifan organisasi dapat dicapai. Perencanaan SDM harus diintegrasi¬kan dengan tujuan perencanaan jangka pendek dan jangka panjang organisasi. Hasil evaluasi perencanaan SDM jangka panjang dapat digunakan sebagai dasar perencanaan suksesi organisasi. Dalam perkembangannya, perencanaan suksesi dirasa sudah tidak lagi sesuai karena banyak terjadi gap antara kebutuhan dengan hasil yang ingin dicapai, oleh karena itu diperlukan alat baru yang mampu menyampaikan kebutuhan organisasi dalam melaksanakan suksesi. Model baru yang mampu menggantikan peranan peren¬canaan suksesi adalah manajemen suksesi, sehingga diperlukan revisi bagi pembaharuan pelaksanaan suksesi yang didasarkan pada manajemen suksesi.

Monday, April 18, 2011

PSSI

Saat ini bukan hanya berita briptu KAMARU aja yang lagi jadi top news, tapi soal siapa yang akan yang jadi pemimpin selanjutnya di organisasi induk sepak bola Indonesia.
Baru-baru ini saya menonton berita dari metro tentang pembekuan PSSI oleh pemerintah. entah Nurdin Halid yang kepalanya udah batu atau memang otaknya hilang, kali ini dia menuding Andi Mallarangeng sebagai figur yang tidak pantas menjabat Menpora. Dia meminta Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk memecat Andi.
“Sikap saya yang pertama, bersama seluruh pengurus PSSI adalah segera mencopot daripada saudara Alfian Mallarangeng selaku Menpora karena tidak cakap dan tidak pantas menjadi Menpora,” kata Nurdin saat dihubungi Metro TV beberapa saat setelah Andi Mallarangeng menggelar konferensi pers, Senin (28/3).
Nurdin menilai Andi Mallarangeng hanya membela kepentingan sekelompok orang yang dinilainya ilegal dalam kepengurusan PSSI. Nurdin pun menuding bahwa Andi lah yang menjadi pengacau dalam penyelenggaran Kongres PSSI di Pekanbaru, Riau. Seperti diketahui kongres berakhir ricuh. Pengurus PSSI, seperti Nurdin Halid dan Sekjen PSSI Nugraha Besoes, tidak hadir. Kongres diambil-alih para pemegang hak suara PSSI.
“Yang menciptakan kebingungan anggota peserta kongres justru sebaliknya, Menpora-lah yang bernama Andi Mallarangeng yang selama ini mengobok-obok PSSI,” tuding Nurdin.
Nurdin pun berpendapat Menegpora telah bersikap diktator yang otoriter. Untuk ituNurdin masih berani mengajak insan sepak bola di Indonesia, untuk menolak keputusan pemerintah melalui Menegpora itu.
Ditanya soal ketidakhadiran dirinya pada kongres, Nurdin mengatakan situasi kongres sangat tidak kondusif, dan tak memungkinkan dirinya hadir. Kongres sudah dikuasai oleh orang-orang yang tak bertanggung-jawab. Sebelumnya bahkan sudah terjadi teror kepada panitia kongres. Di akhir wawancara, Nurdin memastikan bahwa dirinya masih banyak pendukung dari para pemegang hak suara PSSI.
Soal penghentian kucuran dana pemerintah, Nurdin mengatakan bahwa dirinya tetap tak mengakui keputusan itu.
Nurdin meminta DPR, dalam hal ini komisi anggaran, tidak mengikuti permintaan Menegpora. Meski begitu, Nurdin yakin kompetisi sepak bola di bawah PSSI akan tetap berjalan, sekalipun tidak ada kucuran dana dari pemerintah.Nurdin mengaku dirinya akan mundur, jika Andi Mallarangeng pun mundur dari Menegpora.
“Kami akan berjalan terus mengawal terus konsolidasi organisasi, karena itu harkat martabat organisasi PSSI,” tegas Nurdin.(DSY) sumber: Metro TV
Banyak sekali point-point yang perlu di pertanyakan dari ucapan Nurdin, ini hanya beberapa pertanyaan dari ucapan Nurdin. sisanya bisa cari sendiri.
siapakah yang sebenarnya mengobok-obok PSSI ?
- siapakah yang sebenarnya menjadi diktator yang otoriter dalam persepak bolaan indonesia?
- masih punya muka untuk mengajak insan sepak bola menolak keputusan pemerintah?
- tanpa kucuran dana dari pemerintah nurdin yakin masih mo jabat PSSI dan menjalankan kompetisi sepak bola, nanti apa yang mau di korupsi?
PSSI VS Menpora siapa menang? Juru bicara Presiden Julian Aldrin Pasha mengatakan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mendukung sepenuhnya langkah-langkah yang ditempuh Menteri Pemuda dan Olah Raga Andi Mallarangeng terkait kisruh di tubuh PSSI. Julian menegaskan, suara Menpora merupakan sikap resmi pemerintah.

"Ini sikap resmi Presiden, apa yang dibicarakan Menpora. Rujuk saja Menpora karena itu sikap resmi pemerintah," kata Julian saat ditemui di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Senin 28 maret 2011.

Sebelumnya, Menpora di kantornya, Senin 28 maret 2011, telah mengeluarkan 13 butir pernyataan terkait kejadian pada Kongres PSSI di Pekanbaru, Riau, pada Sabtu 26 maret 2011 lalu.

Salah satunya adalah pemerintah menyatakan tidak mengakui lagi pengurus PSSI di bawah pimpinan Ketua Umum Nurdin Halid dan Sekretaris Jenderal Saudara Nugraha Besoes, serta seluruh kegiatan keolahragaan yang diselenggarakan kepengurusan PSSI tersebut.

Julian menambahkan, presiden sudah mengetahui tentang 13 butir pernyataan tersebut. Menurutnya, Menpora sudah melaporkan hal tersebut ke Presiden. "Saya pikir adalah wajar jika Menpora melaporkan hal tersebut.

Sebelum mengeluarkan pernyataan itu, tentu Kementerian Pemuda dan Olah Raga sudah terlebih dahulu melakukan evaluasi dan penilaian terhadap PSSI," lanjutnya.

Atas tudingan Nurdin Halid bahwa kongres di Pekanbaru gagal diselenggarakan karena keterlibatan personil keamanan yang mendukung salah satu calon ketua umum PSSI yakni KASAD Jenderal TNI George Toisutta, Julian enggan berkomentar. "Silakan ditanyakan langsung kepada yang terkait," kilah Julian. MediaIndonesia (PSSI Menpora)
Tapi setelah kejadian itu lembaga sepak bola dunia FIFA membentuk badan khusus untuk kasus ini. Berita terbaru menyatakan bahwa calon-calon itu tidak boleh lagi untuk mencalonkan diri lagi. Selain mereka siapapun boleh untuk mencalonkan diri. Bahkan seorang guru olahraga STM dari daerah di jawa berani mencalonkan diri. Dia beranggapan bahwa ditangan nya pssi akan maju.