Thursday, April 25, 2013

Tentang Windows 98

Windows 98 merupakan sistem operasi berbasis windows yang dikeluarkan oleh perusahaan software terbesar didunia yakni Microsoft pada 25 Juni 1998 di San Fransisco. Pihak microsoft menyatakan windows 98 lebih baik dari pada pendahulunya, yakni windows 95. Windows 98 merupakan pengembangan dari Windows 95, dan kemudian diteruskan oleh Windows ME.
Windows 98 bagus untuk bermain game, dikarenakan background servicenya tidak banyak sehingga ringan. Windows 98 tidak bisa mengenali file system ntfs dan windows ini hanya bisa di instal di drive C saja. Tampilannya tidak menarik dan kestabilan sistem juga kurang, hal ini dapat dilihat dari sering terjadinya Blue Screen. Windows 98 sangat sedikit fasilitas dan fitur yang disediakan, mungkin karena memang teknologinya pada saat itu masih kurang.
Specifications Minumum Untuk Install Windows  98 :
Prosesor 66 MHz (rec)
RAM 8 MB (rec), 4 MB (req)
HD space 50 MB
VGA or higher resolution (256-colour SVGA) (rec)
3.5-inch high-density floppy disk drive
Fitur Windows 98
a. Kombinasi Tombol Windows
Saat ini beredar banyak keyboard yang memiliki tombol khusus, yang disebut dengan tombol windows. Biasanya tombol windows ini ada dua dan terletak di baris paling bawah dari susunan tombol-tombol keyboard. Di sebelah kiri ada diantara tombol “Ctrl” dan tombol “Alt” serta disebelah tengah kanan bawah ada diantara tombol “Alt” dan tombol “Win Context Menu”. Selanjutnya tombol ini dengan tombol “Win”, dengan menekan tombol "Win" akan mengaktifkan “Windows Start Menu”.
Sebenarnya memiliki kegunaan lebih dari itu bila dikombinasikan dengan tombol lain, yakni :
Win     Mengaktifkan “Windows Start Menu”.
Win + E      Membuka “Windows Explorer”.
Win + R       Membuka kotak dialog “Run”.
Win + F        Membuka “Windows Find”.
Win + M       Meminimaliskan semua jendela aplikasi yang sedang terbuka.
Win + Shift + M    Mengembalikan semua jendela yang telah diminimalisasi.
Win + D     Menampilkan layar dekstop.
b.  Kombinasi Tombol “Ctrl” atau “Alt”
Ada tombol spesial lain yang penekanan kombinasinya juga dapat digunakan untuk mempermudah pekerjaan yakni sebagai berikut :
Ctrl + Esc       Alternatif untuk mengaktifkan “Windows Start Menu”.
Alt + Tab          Memilih jendela aplikasi yang sedang dibuka.
Alt + Shift + Tab   Seperti pada penekanan kombinasi tombol “Alt + Tab” namun arah bekerjanya secara berkebalikan.
Alt + Esc         Berpindah ke jendela aplikasi lain secara berurutan.
Alt + Spacebar      Mengaktifkan menu kontrol untuk jendela yang sedang aktif.
Alt + F4           Mengakhiri jalanya aplikasi yang sedang aktif.
Ctrl + F4           Menutup anak jendela atau dokumen di jendela aplikasi yang sedang aktif, namun tidak mengakhiri jalannya aplikasi.
Alt + Enter      Menampilkan menu “properties” dari shortcut atau aplikasi yang dipilih.
c. Mendefinisikan Sendiri Shortcut
Selain menggunakan shortcut yang telah tersedia, windows 98 masih memiliki rahasia, yaitu kita dapat mendefinisikan shortcut keyboard untuk menjalankan aplikasi yang diinginkan. Semua program dapat diberi shortcutnya sendiri sesuai dengan keinginan. Tentu hal yang satu ini sudah mengerti semua.
Misalnya saja aplikasi “Microsoft Word” kita dapat membuat shortcut “Ctrl + Shift + W” untuk aplikasi tersebut. Caranya adalah sebagai berikut :
Klik kanan mouse pada tombol “Windows Start Menu”
Dari menu yang muncul klik “Explorer”
Pilih group direktori “Program” dan cari shortcut link ke aplikasi “Microsoft Word”
Sorot shortcut link Microsoft Word (klik mouse 1 x pada shortcut link itu)
Tekan “Alt + Enter” atau klik kanan mouse pilih properties
Cari bagian form isian yang mengatakan “Shortcut Key” yang dapat di temukan pada tab bagian “Shortcut”
Untuk mendefinisikan shortcut keyboard “Ctrl + Shift + W” seperti yang telah direncanakan, klik form shortcut key  dan kemudian tekan dan tahan tombol “Ctrl”, lalu tekan dan tahan tombol “Shift” kemudian tekan tombol “W”
Apabila kombinasi tombol tersebut telah digunakan, windows akan melakukan aksi yang telah ditentukan dengan kombinasi tombol itu, namun bila kombinasi tombol tersebut belum digunakan, di form itu akan muncul “Ctrl + Shift + W”
Tutup jendela properties tersebut dengan melakukan klik tombol “OK”
Cobalah sekarang menekan kombinasi tombol “Ctrl + Shift + W” aplikasi Microsoft Word akan segera terbuka
Fasilitas Windows 98
Windows 98 First Edition penerus dari Windows 95, dengan tambahan dukungan/ fasilitas :
1) AGP
2) USB
3) Plug and Play yang lebih baik
4) Sistem berkas FAT32 dan Internet Explorer versi 4.0
Windows 98SE menambah dukungan pada :
1) Internet Explorer 5
2) NAT untuk berbagi koneksi Internet
3) Digital Versatile Disk (DVD)
4) Windows Driver Model (WDM) yang menggantikan model Virtual Device Driver (VxD)
5) Windows Netmeeting 3
Sistem ini menganut prinsip hibrida dengan dukuingan kernel 16bi/32-bi, dan masuk pada family Windows 98
Kelebihan Windows 98
a. Kinerja lebih baik dari Windows 95
b. Kecepatan waktu start up dan shutdown yang lebih cepat dari Windows 95
c. Sistem FAT32 (File Allocation Table 32-bit) yang ukuran clusternya lebih kecil dibandingkan FAT16, sehingga menghemat ruang harddisk, fungsi untuk menyimpan file dlm bentuk table.
d. Windows 98 juga memiliki kemampuan mendownload sendiri file-file update Windows 98
e. Kemampuan multi display card yang dimiliki Windows 98
f. Internet Explorer 4.0 yang terintegrasi dengan desktop sehingga memudahkan browsing internet
g. Utility baru untuk tune up dan repair Windows, peningkatan dalam menjalankan kemampuan multimedia baik dalam kualitas grafis maupun kualitas suara
h. Dukungan yang lebih baik bagi device baru seperti USB,DVD, dll
i. Bugs di Windows 98 semakin sedikit, dan komputer yang menggunakan sistem operasi ini semakin jarang hang dibandingkan Windows 95
j. Lebih cepat jika digunakan untuk mengakses internet
k. Cocok untuk maen game-game ringan atau game playstation 1 dan jalannya pun stabil
Kekuragan Windows 98
a. Tampilannya kurang menarik dan masih terlalu kaku.
b. Kestabilan sistem kurang
c. Windows 98 lebih boros memori dan ruang harddisk daripada Windows 95
d. Sering terjadinya blue screen
Sebelumnya, kita telah mengenal apa itu komputer. Sekarang kita juga akan mempelajari tentang Windows98. Windows98 adalah sebahagian dari sistem pengoperasian yang mengawal operasi dan sumber-sumber di dalam sistem komputer. Windows98 merupakan suatu sistem operasi yang mengubah cara pengguna menggunakan komputer supaya lebih mudah dan ramah. Windows98 juga merupakan satu program yang memberikan persekitaran kerja yang berdasarkan kepada penggunaan ikon dan menu. Sistem pengoperasian Windows98 memberikan persekitaran kerja yang ramah pengguna (user-friendly) iaitu berdasarkan kepada konsep antara-muka pengguna bergrafik, atau Graphical User Interface. (Yang sebenarnya Bill gates tiru MacOS punya GUI).
Konsep antaramuka pengguna bergrafik bagi Windows98 adalah berlainan dengan konsep antaramuka pengguna di dalam sistem pengoperasian MS-DOS yang bersifat Character User Interface, di mana pengguna perlu manaip perintah-perintah, pengguna hanya perlu memilih ikon atau perintah-perintah di menu dengan menggunakan tetikus, untuk memberi arahan kerja kepada komputer. Terdapat juga aplikasi yang direka khas untuk digunakan di dalam persikataran Windows seperti Notepad, Paint Bursh, Calender, Calculator, dan lain-lain lagi.
Kelebihan Menggunakan Windows:
1.    Pengguna boleh melarikan lebih dari satu aplikasi dalam suatu masa.
2.    Pengguna boleh membuka lebih dari satu fail pada masa yang sama.
3.    Pengguna boleh berkongsi data dari aplikasi yang lain, dengan mudah. Iaitu boleh menyalin dan alih maklumat di antara aplikasi (copy,cut,paste), berkonsepkan OLE (Object Linking And Embedding), antaramuka yang sama untuk semua aplikasi.
4.    Terdapat banyak perisian cetak rompak yang compatible dengan Windows98 yang boleh dibeli dengan murah, jika dibandingkan dengan MacOS dan sebagainya. (beli dekat Imbi Plaza, Petaling Street atau Ampang Park)
Keburukkan Menggunakan Windows:
1.    Pengurusan system files yang agak berterabur. Contohnya apabila menginstall sesuatu aplikasi, system files DLL akan diletakkan di C:\Windows\System\ sementara aplikasi itu sendiri terletak ditempat lain. Ini akan menyusahkan apabila hendak menguninstall aplikasi tersebut, dan semasa perkonsian DLL (Dynamic Link Libraries).
2.    Menyebabkan pergantungan terhadap penggunaan produk Microsoft. Contohnya, apabila kita menggunakan Windows98, secara terpaksa Internet Explorer diintegrasikan bersama. Ia akan meningkatkan monopoli pasaran Microsoft terhadap browser internet yang lain seperti Netscape, Opera, Mosiac, Java dan lain-lain lagi.
3.    Memerlukan ruang cakara keras yang boleh dikatakan besar jika dibandingkan dengan OS lain (250MB) dan memerlukan sekurang-kurangnya komputer yang berkelajuan 100Mhz dengan RAM sebanyak 16MB.
4.    Sistem sekuriti yang lemah dan senang dicerobohi oleh para hackers. Contoh yang mudah adalah dengan menggunakan NetBus dan BackOrifice, budak darjah satu pun boleh buat

No comments:

Post a Comment