Thursday, April 25, 2013

Sistem Pakar

Sistem pakar adalah suatu  program komputer yang mengandung  pengetahuan dari satu atau lebih pakar manusia mengenai suatu bidang spesifik. Jenis program ini pertama kali dikembangkan oleh periset kecerdasan buatan pada  dasawarsa 1960-an dan 1970-an dan diterapkan secara komersial selama 1980-an.
Bentuk umum sistem pakar adalah suatu program yang dibuat berdasarkan  suatu set aturan yang menganalisis informasi (biasanya diberikan oleh pengguna  suatu sistem) mengenai suatu kelas masalah spesifik serta analisis matematis dari  masalah tersebut. Tergantung dari desainnya, sistem pakar juga mampu merekomendasikan suatu rangkaian tindakan pengguna untuk dapat menerapkan koreksi. Sistem ini memanfaatkan kapabilitas penalaran untuk mencapai suatu simpulan.
Keuntungan Sistem Pakar
Mengapa Sistem Pakar menjadi sangat populer? Hal ini disebabkan oleh sangat banyaknya kemampuan dan manfaat yang diberikan oleh Sistem Pakar, di antaranya:
1.Meningkatkan output dan produktivitas, karena Sistem Pakar dapat bekerja  lebih cepat dari manusia.
2.Meningkatkan kualitas, dengan memberi nasehat yang konsisten dan  mengurangi kesalahan.
3.Mampu menangkap kepakaran yang sangat terbatas.
4.Dapat beroperasi di lingkungan yang berbahaya.
5.Memudahkan akses ke pengetahuan.
6.Handal. Sistem Pakar tidak pernah menjadi bosan dan kelelahan atau sakit.  Sistem Pakar juga secara konsisten melihat semua detil dan tidak akan  melewatkan informasi yang relevan dan solusi yang potensial.
7.Meningkatkan kapabilitas sistem terkomputerisasi yang lain. Integrasi Sistem  Pakar dengan sistem komputer lain membuat lebih efektif, dan mencakupi lebih banyak aplikasi
Kelemahan Sistem Pakar
Metodologi Sistem Pakar yang ada tidak selalu mudah, sederhana dan efektif. Berikut adalah keterbatasan yang menghambat perkembangan Sistem Pakar :
1.Pengetahuan yang hendak diambil tidak selalu tersedia.
2.Kepakaran sangat sulit diekstrak dari manusia.
3.Pendekatan oleh setiap pakar untuk suatu situasi atau problem bisa berbedabeda, meskipun sama-sama benar.
4.Adalah sangat sulit bagi seorang pakar untuk mengabstraksi atau menjelaskan langkah mereka dalam menangani masalah
5.Pengguna Sistem Pakar mempunyai batas kognitif alami, sehingga mungkin  tidak bisa memanfaatkan sistem secara maksimal.
6.Sistem Pakar bekerja baik untuk suatu bidang yang sempit.
7.Banyak pakar yang tidak mempunyai jalan untuk mencek apakah kesimpulan  mereka benar dan masuk akal.

1 comment: