Thursday, April 3, 2014

Jenis Sistem Operasi


1. Berdasarkan Jumlah Pengguna dan Program yang dijalankan.
·         Single User-Single Tasking
satu komputer hanya bisa digunakan oleh satu user dan hanya bisa menjalankan satu program di satu waktu, contohnya : DOS ( Disk Operating System ).
·         Multi User – Single Tasking
Satu komputer dapat digunakan oleh banyak user, namun tiap user hanya bisa menjalankan 1 program (aplikasi) di satu waktu, contohnya : Novell Netware yang menjalankan sistem operasi network berbasis DR-DOS.


·         Single User – Multi Tasking
satu komputer dipakai oleh user dan dapat menjalankan banyak program di satu waktu, contohnya : Windows, MacOB, BeOS, JDS, dll.
·         Multi User-Multi Tasking
Satu komputer dipakai bersamaan oleh banyak user yang dapat menjalankan banyak program di satu waktu, contohnya : Unix, Linux, FreeBSD (Sistem Operasi turunan Unix) atau Windows dengan aplikasi Citrix Metaframe, dll.
2.  Berdasarkan Perangkat Keras yang digunakan.
·         Komputer PC ( Dekstop/Laptop) ( Stand Alone Operating System)
·         Komputer Server (Network Operating System)
3.      Berdasarkan Jenis Perangkat Lunak
·         Perangkat Lunak Bebas ( Fress Software )
Perangkat lunak bebas adalah perangkat lunak yang mengizinkan siapapun untuk menggunakan, menyalin, dan mendistribusikan, baik dimodifikasi atau pun tidak didistribusikan secara gratis atau pun dengan biaya.
·         Perangkat Lunak Open Source
Istilah Perangkat Lunak “Open Source” digunakan oleh beberapa pihak yang artinya kurang lebih sama dengan perangkat lunak bebas.
·         Perangkat Lunak Public Dominan
Ialah perangkat lunka yang tanpa hak cipta. ini merupakan kasus khusus dari perangkat lunak bebas noncopylefted, yang berarti bahwa beberapa salinan atau versi yang telah dimodifikasi bisa jadi tidak bebas sama sekali.
·         Perangkat Lunak Copylefted
Merupakan perangkat lunak bebas yang ketentuan pendistribusiannya tidak memperbolehkan untuk menambah lebih dari yang ditetapkan jika ingin mendistribusikan atau memodifikasi perangkat lunak tersebut .
·         Perangkat Lunak Bebas Non-Copylefted
Dibuat oleh pembuatnya yang mengizinkan seseorang untuk mendistribusikan dan memodifikasi, serta dapat menambahkan beberapa hal didalamnya dengan beberapa batasan-batasan tertentu. Jika suatu program bebas tetapi tidak copylefted, maka beberapa salinan atau versi yang dimodifikasi bisa jadi tidak bebas sama sekali.
·         Sistem GNU
Merupakan sistem serupa Unix yang seutuhnya bebas. Sistem operasi serupa Unix terdiri atas berbagai program . sistem GNU mencakup seluruh perangkat lunak GNU dan juga paket program lain, seperti sistem X Windows dan TeX yang bukan prangkat lunak GNU.
·         Program GNU
“Program GNU” setara dengan perangkat lunak GNU. Sebuah program adalah program GNU jika merupakan perangkat lunak GNU.
·         Perangkat Lunak GNU
Merupakan perangkat lunak yang dikeluarkan oleh proyek GNU. sebagian besar perangkat lunak GNU meruapakn copylefted, tetapi tidak semuanya; namun perangkat lunak GNU harus merupakan perangkat lunak bebas. jika suatu program adalah perangkat lunak GNU, maka dapat disebut juga sebagai program GNU.
·         Perangkat Lunak Semi Bebas
merupakan perangkat lunak yang tidak bebas, tetapi mengizinkan setiap orang untuk menggunakan, menyalin, mendistribusikan, dan memodifikasinya (termasuk distirbusi dari versi yang telah dimodifikasi ) untuk tujuan non-laba.PGB adalah salah satu contoh dari program semi-bebas.
·         Perangkat Lunak Berpemilik
Merupakan perangkat lunak yang tidak bebas atau pun semi bebas. seseorang dilarang, atau harus meminta izin jika ingin menggunakan atau dikenakan aturan-aturan lainnya sehingga menyulitkan jika menggunakan, mengedarkan, atau memodifikasinya.
·         Freeware
istilah “freeware” tidak terdefinisi dengan jelas, tetapi biasanya digunakan untuk paket-paket yang mengizinkan redistribusi, tetapi bukan pemodifikasian ( dan kode program tidak tersedia). paket-paket ini bukan perangkat lunak bebas, jadi jangan menggunakan istilah “freeware” untuk merujuk ke perangkat lunak bebas.
·         Shareware
Merupakan perangkat lunak yang mengizinkan orang-orang untk mendsitribusikan salinannya, tetapi mereka yang terus menggunakannya diminta untuk membayar biaya lisensi. shareware bukan perangkat lunak bebas atau semi-bebas.
·     Perangkat Lunak Komersial merupakan perangkat lunak yang dikembangkan oleh kalangan bisnis untuk memperoleh keuntungan dari penggunanya

No comments:

Post a Comment