Tuesday, October 1, 2013

Sejarah Telekomunikasi

Teknologi, sebuah kata yang satu ini mungin sudah tidak asing lagi bagi orang di dunia saat ini, khususnya abad-19. Teknologi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki arti kata kemampuan teknik yang berlandaskan pengetahuan ilmu eksakta berdasarkan proses teknis. Sedangkan jika dikutip dari om Wikipedia metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis. Dari kedua referensi tersebut dapat saya katakan bahwa teknologi adalah alat atau sarana dimana hal tersebut diperoleh dari ilmu pengetahuan eksakta secara proses teknis yang bertujuan untuk mempermudah aktifitas manusia.

Sedangkan Telekomunikasi, dari susunan kata yang telah menyusunnya menjadi sedemikian rupa. Komunikasi yang berarti penyampain dan penerimaan informasi dapat dikatakan sebagai penyusun inti pengertian Telekomunikasi. Karena menurut pendapat saya (Ala Sentilan-Sentilun) telekomunikasi merupakan susunan komponen yang dapat menghasilkan sebuah sistem dan berbuah menjadi teknik atau alat yang membantu komunikasi setiap individu.

Telekomunikasi adalah teknik pengiriman atau penyampaian infomasi, dari suatu tempat ke tempat lain. Dalam kaitannya dengan 'telekomunikasi' bentuk komunikasi jarak jauh dapat dibedakan atas tiga macam:
  • Komunikasi Satu Arah (Simplex). Dalam komunikasi satu arah (Simplex) pengirim dan penerima informasi tidak dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contoh :Pager, televisi, dan radio.
  • Komunikasi Dua Arah (Duplex). Dalam komunikasi dua arah (Duplex) pengirim dan penerima informasi dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contoh : Telepon dan VOIP.
  • Komunikasi Semi Dua Arah (Half Duplex). Dalam komunikasi semi dua arah (Half Duplex)pengirim dan penerima informsi berkomunikasi secara bergantian namun tetap berkesinambungan. Contoh :Handy Talkie, FAX, dan Chat Room
Komunikasi: Proses pertukaran informasi. Informasi dapat berupa suara, gambar, data, dll.
Kendala komunikasi:
- Bahasa
Proses komunikasi tidak akan berjalan dengan baik jika pemberi dan penerima informasi tidak menggunakan bahasa yang sama. Kendala ini dapat diatasi dengan mempelajari bahasa yang dipahami kedua belah pihak, atau menggunakan penerjemah.
- Jarak
* Dekat à bicara langsung
* Agak Jauh à mengirimkan sinyal yang dapat terlihat/terdengar secara langsung, misalnya: asap, terompet, cahaya, dll.
* Jauh à dengan berkirim surat, atau melalui media elektronik
Perkembangan Media Elektronik:
Tahun 1844 à Morse mematenkan telegraf
Tahun 1876 à Bell menemukan dan mematenkan telepon
Tahun 1887 à Hertz menemukan gelombang radio
Sejak ditemukannya gelombang radio, komunikasi elektronik berkembang sangat pesat:
Tahun 1923 à Televisi ditemukan
Tahun 1954 à Siaran televisi berwarna dimulai
Tahun 1962 à Komunikasi satelit pertama

No comments:

Post a Comment